\

Tuesday, February 21, 2012

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Nenek moyang bangsa Indonesia termasuk rumpun bangsa Austonesia. Mereka berasal dari Yunan yang berada di hulu Sungai Mekong dan Sungai Salwin. Sekarang daerah itu terletak antara negara Cina dan Vietnam. Pada tahun 2000 SM penduduk Yunan berlayar mencari tempat tinggal sampai ke Malaka, Sumatera, Jawa, Bali dan tempat lainya. Rombongan lainya berlayar sampai ke Pulau Kalimantan dan tersebarlah orang Yunan di wilayah Kepulauan Indonesia. Mereka merupakan jenis homo sapiens murni karena kebudayaanya sudah masuk ke Zaman Neolithikum.



Dari perpindahan ini banyak campuran dari darah Yunan dan penduduk asli Indonesia. Yunan mengajarkan cara bercocok tanam dengan menggunakan beliung sebagai alat untuk mengerjakan tanah. Kemudian mereka mengembangkan perdagangan, pertukangan dan keterampilan tertentu.
Dengan berkembangnya orang yang sudah bertempat tinggal menetap, timbullah kelompok masyarakat yang saling bergotong-royong. Untuk mengatur kehidupan mereka memilih seorang pemimpin. Dan yang dipilih adalah seseorang yang berwibawa, lebih tua, memiliki kemahiran dan keistimewaan. 

Pada Zaman Praaksara mereka sudah mengenal praktik-praktik keagamaan. Pada dasarnya mereka mempercayai bahwa ada kekuatan yang luar biasa yang berada di luar diri manusia yang dinamakan animisne dan dinamisme.

Animisme adalah praktik pemujaan terhadap roh. Pohon yang tinggi, binatang buas, mata air, gunung dan batu besar dianggap keramat karena ditempati oleh jin dan roh halus. Mereka meyakini bahwa kejadian-kejadian alam disebabkan oleh jin dan roh halus oleh karena itu mereka memujanya agar tidak merugikan manusia.


Selain itu manusia purba mempercayai takhayul. Mereka percaya bahwa manusia, binatang, pohon dan benda ajaib memiliki keuatan ghaib. Karenanya benda-benda tersebut dikeramatkan dan dipuja. Konon katanya sebagai imbalan dari pemujaan maka kekuatan ghaib dari benda itu akan memberikan pertolongan suwaktu-waktu pada manusia. Kepercayaan ini dinamakan dinamisme.


Sumber : Platinum IPS Terpadu 1 untuk kelas vii smp dan mts

0 komentar:

Post a Comment